MOST RECENT

Cara Membuat Combro

|

cara membuat combro enak
Orang Indonesia pasti sudah tau makanan tradisional khas Sunda ini. Jenis makanan yang digoreng dengan parutan singkong biasanya dibentuk bulat-bulat agak sedikit pipih. Isi dari bulatan singkong tersebut adalah tumisan oncom. Pada tumisan biasanya ditambah dengan cabe rawit supaya lebih hot terasa pedasnya. Karena isinya adalah oncom maka makanan ini dinamakan combro alias oncom dijero (Bahasa Sunda) yang artinya oncom didalam. Combro adalah makanan yang biasa dijadikan sebagai lauk ketika makan atau dijadikan makanan untuk cemilan.

Lebih lanjut mengenai pembuatan Combro silakan simak dan catat resepnya dibawah ini:

Bahan Dasar:
300 gr singkong parut
50-75 gr kelapa kupas parut yang muda
1 sdt garam

Bahan Isi:
4 sdm minyak goreng
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
3 buah cabai merah keriting
1 ruas jari kencur
200 gr oncom
2 batang daun kemangi, gunakan daunnya saja
1 sdt gula pasir
½ sdt garam

Cara Membuat:
1. Peraslah singkong parut agar sari patinya sedikit berkurang. Campur dengan kelapa parut, dan garam, aduk rata.
2. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan kencur. Panaskan minyak. Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum dan matang. Masukkan oncom, gula, garam, lalu aduk rata sampai matang. Masukkan saun kemangi, aduk rata.
3. Ambil 1 sdm adonan parutan singkong tadi, lalu bulatkan dan pipihkan. Taruh 2 sdt isi di tengah, kemudian bulatkan lagi.
4. Goreng dengan minyak banyak dengan panas sedang agar matang hingga ke dalam.

Tips:
Sebaiknya agar singkong parutnya diperas sedikit saja, jangan sampai kering.
Enak dan kurang enaknya combro sangat dipengaruhi oleh kualitas oncom. Biasanya di keluarga saya acapkali membuat combro tetapi dengan parutan tempe bukan oncom. Namun, hasilnya jauh lebih enak oncom. Selamat mencoba.

Ihsanul Huda Admin Labirin Dunia Posted by Admin on Wednesday, February 16, 2011. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response.

0 comments for "Cara Membuat Combro"

Leave a reply

Recently Commented

Recently Added