MOST RECENT

Sejarah Singkat Dinosaurus

|

Dinosaurus hidup di bumi berjuta-juta tahun yang lalu dan wujudnya seperti reptilia sekarang. Kulitnya kering bersisik. Dinosaurus bertelur dan berdarah dingin seperti kadal atau ular. Kakinya tepat di bawah badan, bukannya di samping seperti kaki kadal. Dinosaurus muncul pertama kali sekitar 225 juta tahun yang lalu pada Zaman Trias. Kebanyakan dinosaurus diberi nama menurut ciri fisik khasnya. Sedangkan yang lain diberi nama berdasarkan kebiasaan aneh yang diperkirakan terhadap pada jenis itu. Lainnya lagi berdasarkan nama daerah tempat ditemukan fosil kerangkanya untuk pertama kali.Binatang ini terus hidup sampai Zaman Jura dan berkembang menjadi raksasa pada Zaman Kapur. Sekitar 65 juta tahun yang lalu, pada akhir Zaman Kapur, dinosaurus lenyap dari muka bumi.

kehidupan sejarah dinosaurus

Bumi mulai terbentuk kira-kira 4,5 milyar tahun yang lalu. Makhluk hidup muncul sekitar 3,5 milyar yang lalu. Sampai 600 juta tahun silam yang ada baru binatang sederhana seperti bunga karang dan ubur-ubur. Invertebrata seperti trilobita hidup dari 570 juta hingga 300 juta tahun yang lalu pada Masa Paleozoikum. Binatang bertulang belakang, disebut vertebrata muncul pada Zaman Devon. Diantaranya ikan pertama. Pada Zaman Karbon muncullah tetumbuhan Amfibi seperti katak adalah binatang pertama yang merayapi daratan. Pada akhir Zaman Karbon ada amfibi lebih banyak lagi, dan reptilia pertama mulai muncul. Pada awal Zaman Trias ada banyak reptilia dan dinosaurus, bersama dengan mamalia pertama. Zaman Jura adalah masa jaya dinosaurus; waktu itu ada banyak alosaurus, stegosaurus dan apatosaurus. Dinosaurus terus berevolusi. Pada Zaman Kapur Tiranosaurus dan Triseratops muncul untuk pertama kali. Semua dinosaurus sudah lenyap pada Masa Kenozoikum, dan sudah ada mamalia besar seperti misalnya mammouth.

Asal-Usul Nama Dinosaurus

Iguanodon
Inilah dinosaurus pertama yang dikenal oleh ilmu pengetahuan. Namanya demikian karena giginya mirip iguana masa kini.

Triseratops
Namanya berarti muka bertantuk tiga.

Pteranodon
Namanya aneh, bersayap tak bergigi. Para ilmuwan pun masih mempersoalkan kegunaan jenggernya yang besar.

Sordes pilosus
Reptilia peterbang ini hidup pada Zaman Jura. Tubuhnya berambut kasar, tampangnya begitu buruk dan mengancam sehingga diberi nama setan berambut.

Albertosaurus
Dinosaurus ini adalah raksasa pemakan daging. Namanya diambil dari nama sebuah daerah di Kanada tempat fosilnya ditemukan.

Stegosaurus
Namanya kadal bergenting karena lempengan sirap yang bercuatan sepanjang punggungnya menyerupai genting rumah.

Tiranosaurus
Nama bintang buas ini berarti kadal si raja lalim.

Deinonikhus
Artinya cakar mengerikan, dari bahasa Yunani dan Latin. Yang dimaksud ialah cakar sangat besar pada kaki belakang.

Ihsanul Huda Admin Labirin Dunia Posted by Admin on Thursday, February 17, 2011. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response.

0 comments for "Sejarah Singkat Dinosaurus"

Leave a reply

Recently Commented

Recently Added